Obesitas Ancam Penerus Bangsa

Jakarta, 30/01- Obesitas kian menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Bahkan, anak yang mengalami obesitas sejak kecil berisiko terkena beragam penyakit di masa tua bahkan saat remaja. Di Indonesia, dari hasil penelitian yang dilakukan di empat belas kota besar di Indonesia, angka kejadian obesitas pada anak tergolong relatif tinggi, antara 10-20% dengan nilai yang terus meningkat hingga kini, tutur Dr. Damayanti R. Syarif, Sp.A(K).

Obesitas saat ini merupakan permasalahan yang sudah lama muncul di dunia, bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikannya sebagai epidemik global. Prevalensinya meningkat tidak saja di negara-negara maju, tetapi juga di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Menurut spesialis anak RSAB Harapan Kita dr. Tinuk Agung Meilany SpA, sekitar 95 persen obesitas anak disebabkan aspek nutrisional, sedangkan 5 persen adalah penyebab lain, seperti penyakit atau kelainan hormon. Nutrisi berkaitan dengan pola makan mulai dari jenis makanan sampai perilaku makan yang berlebihan — baik porsi maupun frekuensinya. Tentunya, aktivitas fisik yang kurang, akibat obat (steroid), atau faktor gaya hidup juga amat berpengaruh .

Pada dasarnya, penyebab kegemukan atau obesitas adalah ketidakseimbangan antara jumlah makanan yang masuk (input) dengan yang dikeluarkan (output) dalam bentuk tenaga untuk beraktivitas,” ungkap dr.Tinuk.kegemukan (obesitas). Akibatnya, terjadilah kelebihan energi, yang selanjutnya disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Jika kegemukan terus berlanjut sampai mereka besar, berbagai risiko yang mengancam makin dekat dengan kenyataan. Risiko tersebut antara lain tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang buruk, peningkatan kadar gula darah dan insulin (hormon pengatur kadar gula darah).

Melihat adanya risiko dan dampak yang buruk akibat obesitas pada anak maka sebaiknya orang tua dapat lebih waspada serta memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak dan menjaga pola makannya yakni antara lain memberikan anak makanan yang memiliki gizi seimbang seperti 4 sehat 5 sempurna. Anak-anak merupakan calon generasi penerus bangsa ini, oleh karena itu jangan sampai obesitas menghambat masa depan mereka dalam memajukan bangsa. (Riska Anestia).

Untuk mengatasi masalah kegemukan, silahkan anda klik link berikut ini, akan anda saksikan betapa mudahnya mereka mengatasi masalah berat badan.

Iklan

Nutrisi yang Terlupakan Dalam Diet

Apakah Anda saat ini sedang menjalankan diet? Perlu Anda ketahui bahwa diet bukan hanya mengurangi asupan karbohidrat dan lemak, tetapi Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi lain yang penting untuk membantu kesuksesan diet Anda. Berikut adalah nutrisi yang sering terlupakan saat diet.

nutrisi-untuk-dietKalium
Kalium merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah normal, meningkatkan kesuburan, menjaga otot dan fungsi saraf. Kalium dapat diperoleh dari kentang, ubi jalar, brokoli, pisang, dll.

Kalsium
Tentu semua orang tahu bahwa kalsium sangat penting untuk tulang. Selain itu kalsium juga dapat membantu mempertahankan fungsi otot, mengatur irama detak jantung, dan membantu mencegah tekanan darah tinggi. Sumber kalsium di antaranya susu, salmon, kedelai, dll.

Magnesium
Kekurangan magnesium dapat mengakibatkan osteoporosis, tekanan darah tinggi, diabetes, kram otot, dan penyakit jantung. Magnesium dapat diperoleh dari bayam, kacang polong, almond, dll.

Serat
Pada umumnya makan berserat rendah kalori dan mengenyangkan, sangat cocok untuk dikonsumsi orang diet. Serat dari biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kinerja usus, mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, dan mencegah beberapa jenis kanker.

Vitamin A
Fungsinya untuk menjaga kesehatan mata, imunitas, dan pertumbuhan jaringan. Diperoleh dari ubi jalar, wortel, bayam, labu, sereal, dll.

Baca lebih lanjut

Diet Untuk Mencegah Kanker

Tips Untuk Mencegah Kanker

1. Pilih diet berbasis tanaman dengan sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan serta kurangi konsumsi makanan ruji berkanji yang diproses. Makanan berbasis tanaman dianggap diet paling baik untuk mencegah kanker. Para ahli membuktikan vitamin, mineral, serat, fitokimia dan senyawa lain dalam sayuran dan buah-buahan mampu melindungi dari serangan kanker. Makanan berbasis tanaman juga rendah kalori dan ini membawa mencegah kegemukan yang merupakan salah satu penyebab kanker.

2. Dapatkan berat badan ideal. Hindari mengalami kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan. Ini karena kegemukan dapat meningkatkan risiko endometrium (selaput lendir yang mengalas rahim). Ia juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker ginjal. Selain itu, hindari juga kenaikan berat badan mendadak setelah usia 18 tahun karena berisiko besar.

3. Jangan duduk saja di tempat kerja. Lakukan ‘latihan’ berjalan selama sejam atau olahraga sejenisnya setiap hari. Lakukan latihan setidaknya satu jam. Para pakar menyatakan, aktivitas fisik yang sering membantu mencegah kanker kolon, kanker payudara dan kanker paru-paru. Aktivitas fisik juga membantu mengontrol berat badan dan mencegah kanker yang berhubungan dengan kegemukan.

4. Dalam sehari, ambil lima atau lebih porsi yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan. Konsumsi makanan begini dapat melindungi dari banyak jenis kanker seperti paru-paru, kolon, perut, mulut, farinks, esofagus, payudara, empedu, larinks dan pankreas.

5. Kurangi konsumsi makanan dan gula yang diproses. Makan lebih dari tujuh hidangan yang terdiri dari berbagai sereal, kacang, tumbuhan berakar dan berubi. Ahli nutrisi mengatakan, bagian terbesar diet seharusnya datang dari makanan ini. Jika diproses secara minimal, makanan seperti sereal dan nasi, menawarkan lebih banyak serat dan nutrisi penting. Makanan berubi seperti kentang dan jalar, makanan berakar seperti lobak, juga dikaitkan sebagai pelindung kanker. Kacang pula merupakan makanan kaya protein dan sumber tambahan dalam diet mencegah kanker.

6. Hentikan konsumsi alkohol bagi orang Islam, alkohol memang dilarang sama sekali. Ketahuilah, alkohol bisa meningkat risiko kanker mulut, farinks, larinks, esofagus, hati, kolon, rektum dan payudara.

7. Hentikan konsumsi daging merah kepada kurang dari 3 ons sehari. Sebaiknya pilih ikan, ayam atau daging yang bukan dari hewan ternak untuk menggantikan daging merah. Konsumsi daging merah (daging sapi, kambing, domba dan sejenisnya) meningkatkan risiko kanker kolon, rektum, payudara, prostat dan ginjal. Bahkan kandungan lemak yang tinggi dalam daging merah juga dapat menyebabkan banyak kanker lain.

8. Gunakan minyak sayuran yang sesuai secara sederhana. Batasi konsumsi makanan berlemak terutama dari sumber hewan. Diet yang tinggi lemak mengungkapkan kepada risiko kanker paru-paru, kolon, payudara dan prostat. Jika ingin menambah lemak dalam makanan, ganti minyak sayuran.

9. Kurangi konsumsi makanan bergaram dan garam dalam hidangan. Gunakan herbal dan rempah sebagai bahan perasa. Garam yang tinggi bisa menyebabkan kanker perut. Di Amerika Serikat misalnya, garam dalam diet datang dari makanan proses seperti sup kering dan sup dalam kaleng, makanan dingin beku dan makanan berawet yang menjadi sumber makanan utama di banyak tempat.

10. Jangan makan makanan yang terkontaminasi dengan jamur. Makanan yang tercemar dengan aflatokesin dan mikroorganisma jamur mengundang bahaya kanker hati. Ini mungkin karena makanan itu disimpan terlalu lama dalam kondisi panas atau lembab atau karena melebihi waktu.

11. Simpan makanan yang cepat rusak dalam lemari es. Ada penelitian membuktikan pendinginan dapat mengurangi kebutuhan garam sebagai pengawet dan sekaligus mengurangi resiko kanker perut.

12. Kurangi makanan yang disalai. Memadai ambil sesekali makanan (daging atau ikan) yang disalai atas api serta daging yang diawetkan dan diasapkan. Makanan salai terutama daging dan ikan dapat mengakibatkan produksi senyawa heterocyclic aromatic yang bisa menyebabkan kanker. Makanan yang diawetdengan nitrit pula memiliki nitrosamina yang berpotensi menyebabkan kanker. Senyawa lain yang berbahaya akibat pembakaran kayu ditemukan dalam makanan yang diasapkan.

13. Namun metode memasak dengan suhu rendah seperti mengukus, merebus, mereneh, membakar dan memanggang dianggap baik untuk kesehatan.

14. Jangan merokok atau mengunyah tembakau.

15. Tembakau adalah penyebab utama kanker paru-paru dan kemungkinan menyebabkan kanker mulut, tenggorokan dan sistem pencernaan.

16. Tidak perlu diet supplemen untuk yang patuh pada saran di atas, Anda mungkin tidak perlu lagi makanan tambahan yang kaya beta-karoten, vitamin C dan salenium yang bisa mencegah kanker. Para peneliti sendiri tidak menyarankan konsumsi supplemen sebagai upaya mencegah kanker karena supplemen yang menggabungkan berbagai kombinasi dan dosis belum dijamin efisien. Sebaliknya makanan yang kaya gizi dan senyawa khususnya buah-buahan dan sayuran lebih dianjurkan.

Untuk yang ingin diet sehat alami tanpa obat/suntik, bisa hubungi saya Elzan – 0877.8181.3229 atau klik saja www.sehatkaya.com

Fakta Olahraga

Selamat pagi semuaaa…!!!
Percuma lho Olahraga 1 jam, kalau habis itu makan Nasi, Lontong, Roti atau 5 gorengan. Kenapa ?

  • Olahraga 1 jam, katakanlah jogging/aerobik hanya mampu membakar 250 – 300 kalori saja!
  • Sedangkan 1 porsi nasi uduk/5 gorengan ± input 800 – 1000 kalori, gimana mau turun berat badan?
  • Bayangkan Kalau 1 Jam olahraga = 250 Kalori yg terbakar ?
  • Maka untuk habiskan 800 – 1000 Kalori, Mau berapa Jam Kita Mampu berolahraga ?
  • Sedangkan kita orang-orang profesional, yang punya kerja, aktifitas membutuhkan stamina, pemikiran, manajemen dan strategi, So… Butuh nutrisi sehat untuk itu semua kan ?
  • Nah, yg mantap itu habis olahraga : Minum SHAKE only 170 kalori…
    Krn Shake Mengandung :
    – 24 Multi Vitamin Lgkp
    – 18 Gram Asam Amino Esensial
    – 16 Gram Protein Nabati, serat & Anti Oksidan.
    – Tanpa Lemak & garam, Rendah Gula & kalori serta tinggi Nutrisi Penting.

Untuk konsultasi dan Pesan SHAKE ? Silahkan hubungi saya di 0877.8181.3229 (telp/sms/whatsapp/line)
atau bisa klik www.sehatkaya.com

Bahaya Asam Urat Tinggi

Pengaruh Asam Urat Adalah dalam Darah dan Bagaimana Penanganannya?

"Asam Urat Adalah"

Asam Urat Adalah

Efek dari Asam Urat Adalah dalam darah bisa sangat parah. Asam Urat Adalah dalam darah menyebabkan kristal asam urat dalam sendi yang menyebabkan rasa sakit luar biasa gout. Dan sekali setelah mengalami serangan gout, Anda peluang-on untuk memiliki serangan berulang yang dapat menyebabkan sendi rusak dan ginjal. Di sini, Anda tidak hanya akan menemukan efek nyata dari Asam Urat Adalah dalam darah, tapi bagaimana Anda dapat menghilangkan asam urat Anda alami tanpa obat mahal dengan efek samping yang jahat mereka.

PERTAMA, Asam Urat Adalah?

Asam Urat Adalah produk sampingan dari pemecahan senyawa kimia yang disebut ‘purin’ yang terjadi secara alami dalam tubuh kita dan makanan kita. Tubuh kita membutuhkan purin untuk membantu memberikan kami energi vital kita dan protein. Selama proses ini pemecahan purin dan asam urat diproduksi. Hal ini biasanya diproses oleh ginjal kita dan kemudian memerah dari tubuh kita lewat air seni kita.

Kadang-kadang meskipun, untuk sejumlah alasan, ginjal tidak dapat mengatasi dengan tingkat asam urat dalam aliran darah, sehingga ‘kelebihan’ asam masih dipertahankan dalam darah. Kelebihan ini kemudian dapat disimpan sebagai kristal pada sendi di sekitar tubuh Anda, biasanya jempol kaki, tapi juga pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari-jari, dll Hal ini menimbulkan kondisi yang dikenal sebagai gout yang merupakan bentuk arthritis , juga dikenal sebagai ‘arthritis gout.’

PENGARUH Asam Urat Adalah DALAM DARAH

Dalam gout, kristal asam urat berbentuk sangat tajam mikroskopis ‘jarum,’ sehingga ketika tingginya kadar asam urat yang hadir dalam aliran darah dalam bentuk kristal di sendi Anda, mereka menyebabkan rasa sakit luar biasa gout. Nyeri ini begitu parah sehingga Anda tidak dapat bahkan Thole sikat lembut dari sprei, misalnya. Dan kontak tidak disengaja dengan solid apapun akan mengirimkan ke delirium rasa sakit.

Anda juga akan melihat gejala kemerahan, pembengkakan dan peradangan pada daerah yang terkena. Bahkan banyak orang ketika mereka mendapatkan serangan gout pertama mereka membingungkan gejala dengan cedera dari beberapa jenis. Jadi dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk diagnosis yang tepat.

Baca lebih lanjut